Jumat, 29 Agustus 2008

Balada Sinetron Indonesia

Hari ini gua memutuskan untuk tetap berada dikostan aja, sambil beberes dan menikmati kasur yang udah sering ditinggalin. Sambil menonton tv, akhirnya memutuskan buat nonton acara tv lokal, berhubung udah lama juga ga tune in keTV OK, TV Ngetop dan sebagainya. Gua baru mulai niat buat nonton tv sekitar jam 2 siang. Waktu itu ada ke dua stasiun TV sama2 menanyangkan sinetron remaja.

Awalnya sempat bete dan males banget, tapi karena penasaran udah lama ga nonton sinetron, ya sudahlah, gua tetap bertahan menonton. Dan begitu takjubnya gua ketika menonton dan mengikuti 2 sinetron tadi. Sebenarnya gua nontonnya juga ganti2 chanel mulu.. Kl si Ok lagi iklan, gua langsung berpindah ke si Ngetop.

Sinetron yg di tv OK, ceritanya tentang cewe abg yang lagi jatuh cinta sm guru lesnya. Jadi si cew abg ni masih smp dan guru lesnya seorang cow yang sedang berkuliah. Singkat cerita si cew abg mulai jatuh cinta, nulis di diarynya, trus mulai cemburuan, hingga akhirnya si guru lesnya tau karena baca diary si murid lesnya karena ga sengaja. Si cewnya ngambek ga jelas, marah2, kesal, bete dan sebaginya. Ternyata si cow ini juga sayang sama si cew abg, dan dengan beraninya ngobrol ke orang tua si cew, tentang perasaannya dan untuk mendramatisir perjuangannya, orang tua cew abg ini menolak mentah2 dan sebagainya. Perjuangan si cow ini ga berhenti sampai disitu aja, hingga suatu hari, dia berhasil menyelamatkan gadis impiannya dan orang tuanya pun setuju dan merestui niat cowok ini untuk pacaran dengan anak mereka. Di sinetron ini juga digambarkan pergaulan anak2 smp, bisa nyetir mobil sendiri, belanja di mall pulang sekolah, makan di mall, trus malamnya pesta bareng temen2.

--> Waktu melihat part ini gua sempat tertawa geli di dalam hati, kalau diingat - ingat, iya sih jaman gua smp, biasa dong lagi masa2 puber suka sm cowok, yg cakep, yah intinya gejolak kawula muda. Bagian taksir menaksir, suka menyuka, gua masih sepaham dan ok lah. Yang gua ga habis pikir, sepanjang cerita di sinetron ini, gua bener2 kaget, dialog yang ada banyak sekali menggunakan kalimat "aku cinta kamu, aku sayang kamu, aku ga bisa hidup tanpa kamu, aku benar2 ingin menjadi milik kamu, aku ingin memiliki kamu, Gua bisa mati tanpa loe, dan sebagainya.." Apa iya ya, anak jaman sekarang sudah seekstrim itu menyatakan perasaan, ekstrim sekali pikir saya. Waktu saya smp, jaman2 cinta2 monyet, yang ada kalau ketemu kecengan, saling mencela, ejek2kan, trus pukul2an, kejar2an, wkwkkwkwww. Kalimat cinta, sayang, masih gua ucapkan buat bokap-nyokap, sodara2 gua, kakek dan nenek, wkwkwkw Bener2 cinta monyet deh... Gile aja, sampai bisa ngomong "bisa mati tanpa loe", wkwkwkww.. Untung aja jaman gua masih jamannya doraemon, kung fu boy, power rangers, saint saiya, sinteron juga masih keluarga cemara, si doel anak sekolahan, masih nonton sesame street,
wkwkwkwkww. Jaman gua smp dulu, masih main sepeda federal loh bareng kecengan gua, wkwkkwkw. Kalau keluar rumah, paling banter nongkrong di gramedia, hahahhaa. Kalau mau beli baju, masih bareng nyokap gua, wkwkkwkw. Mau keluar malam2 dijam sekolah? Ye, kelaut aje, hahahaha. Yang ada jam 9 atau jam 10 malam udah bobok.. atau masih ngerjain peer. wkwkkwkwkwkkww.. Bener2 takjub gua.

Di ending sinetron ini, si cowok pengen nyatain perasaannya ke si cew tadi, nah kebetulan sekali si cew mau ultah, diundang deh si cow ini. Trus singkat cerita mulai deh scene pesta ultah si cew. Trus ditengah2 pesta, Bokap-Nyokap dan kakaknya si cew ini, memintanya buat membuka hadiah dr mereka untuk pertama kali. Trus si cew abg mencari2 hadiahnya, trus bokap dan nyokapnya bilang, "itu hadiahnya" (sambil menunjuk ke arah tamu2), muncullah si cow td dari kerumunan orang2, dengan slow motion, eng i eng.... si cew terharu dan tersipu malu, trus si cownya mengeluarkan sebuah hadiah yaitu sebuah cincin, dan melamar si cew buat jadi pacarnya. Trus akhir cerita, si cewnya mau, dan minta digendong...wkwkkwkw. Endingnya si cewnya digendong sm si cowknya.

--> Waktu lihat bagian yang ini gua tambah takjub lagi, wkwkwkww. Bokap gua selalu bilang, "Nak, sekolah yang bener dulu ya, biar jd orang pinter, jadi dokter, kalau mau pacaran nanti ya, kalau udah gede." wkwkwkkwkwkkwww.. Bahkan sampai kuliah juga, bokap sm nyokap, kalaupun mereka tau gua udah pacaran, mereka masih nganggap semuanya temen2.. hahahhaha. Lah di sinetron ini, bokap nyokapnya malah memberikan hadiah seorang cow, wkwkkwwkw, mau ih gua.. ahhahaa. Eh, anak gadisnya digendong2 juga, si bokap-nyokap senyum2 bahagia, terharu ga jelas, wkwkkww. Gua sempat membayangkan kalau itu terjadi dengan gua, gua sampai ga bisa membayangkan ekspresi bokap nyokap, hahahahaa.

Tapi masih ada pesan moral dari cerita ini kok ;

  1. Mengatasi anak yang malas belajar, carilah guru les yang cakep, masih muda, pasti anak gadis anda semangat belajar dan tambah rajin, hahahahhaa.
  2. Kalau mau merebut hati seorang cew, dekati bapak ibunya. Siapa tau lo bisa dijadiin kado buat anak gadisnya..wkwkwkkww.

Di stasiun TV ngetop agak berbeda sedikit tapi masih seputaran kisah abg SMP, ceritanya seorang cew abg, diperebutkan 2 orang temen cowoknya, dimana salah satu cowok itu adalah mantan pacarnya dan satunya lagi cow yang lg dekat dengan dia setelah jomblo. Adegan di sinetron ini banyak menunjukkan perjuangan seorang cow memperebutkan hati seorang gadis, wkwkkwkww. Dan sama seperti sinetron di stasiun TV yang satu lagi banyak dialog aku cinta kamu, aku sayang kamu, aku ga bisa hidup tanpa kamu, aku benar2 ingin menjadi milik kamu, aku ingin memiliki kamu, Gua bisa mati tanpa loe, dan sebagainya.." Dan di akhir cerita si cew abg membuat satu kompetisi, dimana kedua cow itu harus menciptakan sebuah lagu yang bisa membuat dia terenyuh hatinya, dan membuat dia jatuh cinta. Dan akhirnya, di buatlah satu acara khusus, dengan mengundang teman2 yang lain dan si kedua cow itu tampil. Sebenarnya kedua cowok itu mampu membuat si cew itu nangis mendengarkan lagu ciptaan mereka. Tapi si cew lebih berderai-derai air matanya waktu mendengar lagu ciptaan mantannya.

--> Waktu nonton sinetron ini, gua juga masih tertawa geli, melihat adegan2 yang ada, wah, anak2 jaman sekarang benar2 sangat2 ekstrim dalam menyampaikan perasaan dan memperjuangkan gadis pujaannya, ahhahahaa. Sebernarnya dari awal nonton, gua udah bisa memprediksi si cew pasti milih mantannya. Karena dr awal sampai akhir dia selalu punya part dialog ini " Tapi gua masih sayang sama dia" Kalau gua hitung2 ada kali lebih dari 20 kali dia menyebutkan dialog itu, wkwkkwkwkw. Tapi hebat juga euy, anak smp udah bisa berpikir membuat kompetisi seperti ini. Gua jadi teringat 2 temen smp gua yang pernah ngalamin kejadian kayak ini, yang satu tanpa pikir panjang menolak mantannya, karena dia pikir, udah putus, males ah..hahahhahaa. Kalau yang satu lagi menerima mantannya balik, karena kasihan katanya, masih sayang juga... ahhahahhaha

Pesan moral dari sinetron ini juga ada kok ;
  1. Anak muda jaman sekarang kreatif kok, dalam 2 hari bisa buat lagu, dari mulai lirik, aransemen, yang penting kalau kamu mau, kamu bisa buat sesuatu.
  2. Kalau kamu mau tau yang mana cow yang benar2 serius, silahkan diuji, wkwkkwkwww.

Ya itulah sekilas yang gua dapat dari nonton 2 sinetron remaja tadi siang. Walaupun gua merasa ceritanya, adegan dan dialognya terkesan kurang bermakna dan berlebihan, tapi kalau dipikir-pikir, ya kalau kita memandang secara positif, ada nilai positifnya juga kok, masih bisa dicari pesan moralnya. Saran saya, kalau kita khawatir anak2 yang belum cukup umur menontonnya, ya ada baiknya dibimbing oleh orang tua,..hahaha. Dari pada bete terus menerus melihat sinetron kita ini... ahahhahaha



Love U
Poppy




1 comments:

Caroline Sutrisno mengatakan...

hahahaha... gw juga suka amazed banget sama cerita sinetron jaman sekarang. pastinya sih kebanyakn hiperbola. kerna anak gw yang SMP keiknya temen2 ga gitu2 amat. keik jalan2 di mall berdua2an duhh, belom banget deh, secara gw emaknya juga blom ngijinin yang gitu2an. tapi klo tiap hari anak2 ABG dicekokin yang begituan mereka pikir idealnya pacaran itu begitu dan mereka pasti sedikit banyak akhirnya niru. xixixi... jadi posting di blog orang nihh.. salam kenal juga yak!!