Sabtu, 09 Februari 2008

Love Anger menguras energi

Tulisan ini salah satu contoh posting di tulisan poppy, bagaimana kita seringkali melakukan sesuatu yang menguras energi, dan memperdebatkan sesuatu yang tidak berguna.

Hampir seminggu ini kami sering bertengkar, akhir minggu ini puncak dari rangkaian keributan yang terjadi. Sebenarnya semuanya dimulai dengan hal-hal kecil yang ga terselesaikan yang akhirnya tertumpuk terus-menerus sampai menjadi masalah besar. Bagian yang paling tidak enak dari rangkaian ini adalah sangat menguras energi. Kalau dipikir-pikir buat apa ya, kita sibuk mempedebatkan sesuatu yang tidak berguna? Bahkan sampai membuat kita kehilangan energi untuk hal-hal positif lainnya.

Kalau ditanya siapa yang salah pasti bukan salah diri sendiri, selalu saling tuduh menuduh. Tapi aku punya jawaban sendiri untuk hal ini, menurutku, kalau kita sibuk memperdebatkan sesuatu yang tidak berguna, kita lebih konyol dan lebih salah dari pada yang memulai perdebatan. Itu sama saja dengan tidak mau menyelesaikan masalah.

Aku selalu belajar hal baru di hubungan ini, tidak hanya pada peristiwa yang menyenangkan tetapi juga peristiwa yang kadang membuat sakit hati. Aku belajar ada saatnya kita mengalah untuk perdebatan ataupun pertengkaran yang sia-sia. Mengalah bukan berarti kita kalah, tapi kita membuat suatu pertimbangan yang bijaksana. Pertimbangan ini supaya hubungan tetap berjalan dengan baik. Mencoba untuk mengalah juga membantu agar pertimbangan dan kebijaksanaan tidak semakin menjauh dari kepribadian kita.



Love'
Poppy



0 comments: