Sabtu, 29 Maret 2008

Demam Berdarah (DBD)



DEFENISI

  • Demam berdarah adalah demam yang disertai perdarahan di bawah kulit, selaput hidung, dan lambung, disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti.
  • Demam berdarah (Dengue Haemorrhagic Fever = DHF) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Penyakit ini terutama menyerang anak-anak dan dapat menyebabkan kematian.
  • Demam Dengue adalah demam virus akut yang disertai sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, nyeri tulang, penurunan jumlah sel darah putih, dan ruam-ruam.
  • Demam Berdarah Dengue/ Dengue Hemorrhagic Fever (DHF) atau di Indonesia dikenal dengan Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah demam Dengue yang disertai pembesaran hati dan manifestasi perdarahan.
  • Pada keadaan yang parah bisa terjadi kegagalan sirkulasi darah dan pasien jatuh dalam shock hipovolemik akibat kebocoran plasma. Keadaan ini disebut Dengue Shock Syndrome (DSS).
  • DBD adalah demam atau dikarenakan adanya riwayat demam mendadak, berlangsung selama 2-7 hari, biasanya bersifat bifasil. Pada gejala DBD yang normal, demam terjadi maksimal sebanyak 7 hari. Jika lebih dari 7 hari, maka ada kemungkinan telah terjadi komplikasi dengan penyakit lainnya, misalnya komplikasi dengan penyakit tifus.
CIRI-CIRI DBD
  • Perdarahan (merupakan suatu kecenderungan). Dilakukan uji Torniquet (+) pada petekie/ ekimosis/ purpura, perdarahan mukosa, dll.
  • Trombositopenia, trombosit <>400.000/mm3.
  • Adanya kebocoran plasma, tanda-tandanya diantaranya adalah terjadinya kenaikan nilai hematokrit sebanyak 20% atau lebih di atas nilai rata-rata populasi, usia ataupun gender. Penurunan nilai hematokrit sebesar 20% atau lebih terjadi setelah pengobatan pemberian cairan. Tanda - tanda lain kebocoran seperti efusi pleura, asites dan hipoproteinemia.

Untuk mencegah demam berdarah, sangatlah penting untuk menjalani pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari seperti makan bergizi dan teratur, istirahat yang cukup, berolahraga, dan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Semua ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan dan kekebalan tubuh kita terhadap serang penyakit, bukan hanya penyakit demam berdarah. Nasihat lama bahwa kebersihan pangkal kesehatan harus tetap kita jaga dan laksanakan.


Salam'
Poppy




0 comments: